Rabu, 21 Desember 2011

Merubah Tampilan Gambar Komputer Menjadi 3D

Kali ini kita akan mencoba merubah game yang biasa kita mainkan sehari-hari agar dapat dinikmati secara 3D (anaglyph) dengan bantuan driver iZ3D sehingga tampilan game akan menjadi lebih nyata.

Tetapi untuk dapat menikmatinya, kita harus menggunakan kacamata 3D Anaglyph. Kacamata tersebut dapat dibeli, bahkan juga dapat dibuat sendiri.

Prinsip kerja driver ini adalah memisahkan objek 3 dimensi yang ada di dalam game menjadi 2 warna. Lalu kita menggunakan kaca mata 3 dimensi agar tiap objek dengan masing-masing warna dapat diterima oleh salah satu mata. Sehingga seolah-olah kita sedang menyaksikan objek nyata di depan mata.

 
Langkah-langkah Instalasi:

  1. Pertama-tama, download driver iZ3D terlebih dahulu disini
  2. Setelah selesai didownload, kemudian install di PC sampai selesai.
  3. Setelah selesai proses instalasi, biasanya iZ3D akan otomatis mengupdate direct x agar iZ3D dapat berjalan dengan optimal.
  4. Lalu jalankan driver iZ3D yang sudah selesai diinstall.
  5. Pada menu DirectX pilih stereo status enable untuk mengaktifkan atau disable untuk mematikan efek 3 dimensi. Pilih output Anaglyph (free). Sebagai contoh, saya menggunakan Anaglyph mode Red/Cyan. Lalu klik Apply.
  6. Pada menu Profiles masuk ke tab Game. Pada show wizard, hilangkan tanda centang. Agar tidak mengganggu setiap kali game dijalankan. Lalu klik Aplly.
Sekarang, coba jalankan game.
Untuk dapat menikmatinya, kita harus menggunakan kacamata 3 dimensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar